10. Manfaat Jamu Kunyit Asem Untuk Kesehatan

Jamu Kunyit asem sudah tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat di indonesia khususnya di daerak perdesaan. Jamu kunyit asem mudah dibuat karena dengan bahan yang mudah di dapat dan cara  pembuatanya sangatlah mudah dan sederhanan. Ramuan jamu tradisional ini memiliki khasat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Bahan ramuan ini yang terbuat dari rempah rempah yang berasal dari asia tenggara, jamu ini buakan hanya bermanfaat bagi kaum wanita tetapi bisa juga dikonsumsi bagi para pria.Jamu ini memiliki manfaat untuk kulit yang bersih dan bercahaya dan menyehatkan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Kandungan kunit yang dibuat menjadi jamu mengandung senyawa kimia aktif yang bersifat anti radang, anti bakteri, anti inflamasi, yang kuat dan dapat menyembuhkan berbagi penyakit yang di sebut sebagai kurkuminoid.


Kandungan senyawa kimia aktif yang ada di dalam kunyit

  • Kunyit memiliki kandungan mineral yang terdiri dat besi,Kalsium,Natrium, Kalium, Kobalt, dan Bismuth.
  • Kunyit mengandung Vitamin C dan A yang memiliki peran yang sangat penting dalam kesehatan jaringan kulit dan jarinagan mata.
  • Kunyit juga mengandung minyak atsiri berkisar antar 2 sampai 5 persen, terdiri dari fenilpropana, turmeron, betaturmenon, aril kurmen,zingberin, dan kurlon kurkumol.
  • Kandungan lain dari kunyit ialah Zat damar, Glukosa, Fruktosa, dan Zat aktif dari senyawa Arabinusa.
  • Kandungan kunyit asam senyawa dari diari heptanoid berkisar 3 sampai 4 persen, terdiri dari dihidro kurkumin Curcumin, bisdesmetok sirkumin. 
Namun, kalau dilihat dari kandungan kunyit di atas kita dapat mengetahui tentang manfaatnya.
Berikut ini manfaat jamu kunyit asem yang dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

10. Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan 

1. Menghilangkan Bau Badan.
Jamu kunyit asem sangat baik di konsumsi secara teratur untuk menghilangkan bau badan yang kurang sedap dikarenakan kandungan dari zat atsiri yang ada pada kunyit asam. kandungan kunyit dapat mengontrol keringat yang tercampur dari bakteri penyebab bau badan yang kurang sedap. 

2. Menobati Mata Yang Sensitif.
Kebanyakan orang yang memiliki mata sensitif dikarenakan cahaya dan tidak nyaman untuk memfokuskan diri berinteraksidengan apa yang dilihatnya. Namun, bila kita menkonsumsi jamu kunyit asam yang memiliki kandungan vitamin A yang mampu mengobati retina mata dalam menagkap cahaya dan mengurangisensitifnya.

3. Sebgai Detoksifikasi Tubuh.
Jamu Kunyit asam sangat baik di konsumsi untuk tubuh dikarenakan jamu kunyit asam bertindak sebagai penawar racun dan dapat membuang racun yang mengendap pada tubuh. Faktor pengunaan obat yang berlebihan dan jangka panjang.

4. Mengobati Peradangan Pada Tengorokan.
Bila tengorokan sakit dan susah menelan pada saat makan faktor penyebabnya bisa dikarenakan masuk angin atau panas dalam. Untuk mengobatinya tidak ada salahnya mengkonsumsi jamu kunyit asam sebagai obat tradisional untuk mengobati peradangan pada tengorokan.

5. Mengobati Luka Bakar.
Kunyit yang mempunyai kandunga zat anti peradangan yang dapat mempercepat pengeringan dan penyembuha pada lika bakar dan mencegah peradangan di kulit.

6. Memperlancar Siklus Haid Dan Menjadi Teratur.
Bila kaum wanita mengkonsumsi jamu kunyit asam pada saat  menjelang datang bulan ( haid)  sangat baik untuk memperlancar dan menjadi teratur. Tubuh tidak mudah lelah dan tetap bugar dan mengurang rasa nyeri pada saat datang bulan.

7. Menjaga Stamina Tetap Bugar.
Bila kita rajin menkonsumsi jamu kunyit asem, akan mendpatkan manfaat menjaga stamina tubuh agar tetap terjaga dan tidak mudah lelah pada saat bekerja,  dan meyegarkan mental. 

8. Mengecilkan Perut Buncit.
Kandungan vitami C yang ada pada kunyit asam, sangat baik untuk mengurang lemak pada tubuh dan mampu mempercepat proses penghancuran lemak pada bagian tubuh yang kelebihan lemak. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tidak ada salahnya anda melakukan olah raga secara teratur dan rajin mengkonsumsi jamu kunyit asam.

9. Membersikan Lambung.
Jamu kunyit asem yang memiliki kandungan zat atsiri yang dapat membersikan lambung dari segala macam bakteri dan sisa hasil pencernaan serta gas yang di hasilkan makanan. segala sisa makanan akan di proses menjadi kotoran yang sudah tak berguna lagi dan tubuh terasa fress tanpa ada ganguan lambung.

10. Mencegah Pengumpalan Darah.
Jamu kunyit asam dapatmelancarkan aliran darah dan memberi oksigin yang cukup keseluruh pembulu darah dan jaringan tubuh lainnya. 


Demikian 10 Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Kesehatan semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan dan menambah pengetahuan tentang manfaat jamu tradisional jangan lupa dishare yaa!!! Terima Kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *