10 Manfaat jamu brotowali untuk kesehatan

Manfaat jamu brotowali merupakan jamu tradisional yang sudah turun temurun dan sudah di wariskan oleh nenek moyang kita, jamu ini termasuk jamu herbal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.Brotowali termasuk jenis tanaman yang bisa tumbuh di perkarangan maupun tumbuh di kebun.Tanaman ini termasuk tanaman liar dan kita dapat menjumpai di seluruh daerah di indonesia,terutama di  derah jawa , kalimantan dan bali. Tanaman ini tumbuh merambatn  dan berdaun lebar bisanya tanamn ini sering kita jumpai di perdesaan.Brotowali memiliki kandungan bahan bahan kimia di dalamnya sudah dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan untuk tubuh. Jamu brotowali bisa mengobati segala macam penyakit seperti, sakit diabetes, rematik, gatal gatal, demam dan lainya. Brotowali memiliki kandunagn kimia aktif yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita,  kandungan kimia brotowali  yang di butuhkan oleh tubuh seperti Alkaloid  berberin,dan columbina, yang dipercaya mampu membunuh bakteri pada luka.Zatpikroretin merupakan zat yang mmemberi rasa pahit pada brotowali yang dapat berkerja pada urat saraf dan menjadikan sistim pernafasan supaya bekerja dengan baik, di tambaah dengan zat palmatin, glikosida, harsa, kalulin, dan zat pati. 

Brotowali memiliki sifat anallgesik, Alkaloid, flavonoid,Antipiretik,Antidiabetik,antiosidan, imunologi,Antideppresan,Antiporotik,dan Anti alergi..Oleh karena itu brotowali sangat bermanfaat untuk kesehatan, kaenaa jamu ini mudah di buat sendiri di rumah dengan cara daun dan batanya bisa di rebus denagn menghasilkan rasa pahit yang memiliki khasiat untuk kesehatan.


Manfaat Jamu Brotowali Untuk Kesehatan

1. Mengobaati diabetes.
Jamu brotowali bisa mengobati diabetes dikarenakan memiliki rasa yang sangat pahit,jamu browowali sangat baik untuk di jadikan obat terapi diabetes untuk menurunkan kadar gula darah supaya tetap setabil dan normal.

2.Menurunkan demam.
Jamu brotowali yang memiliki kandungan antipiretik dan analgesikyang terdapat di dalamnya, oleh sebab itu jamu brotowali mmpu menurunkan demam dengan cepat. Jamu brotowali sangat baik di jadikan obat alternatif sebagaai obat penurun panas(demam).

3. Menyembuhkan remtik.
Untuk mengobatik rematik atau peradangan sendi yang di sebabkan oleh ganguan sistim kekebalan tubuh dikarenakan terdapat virus atau bakteri dan jamur pada tubuh kita. untuk mengatasinay sebagai obat alternatif, jamu brotowaali sangat cocok sebagai terapi penyembuhan rematik.

4. Menambah nafsu makan.
Kebanyakaan orang mengalami ganguaan menurunya nafsu makan dikareankan faktor depresi,atau perubahan mood. saat nafsu makan menurun dan tidaak memiliki selera makan alangkah baiknya anda melakukan mengkomsumsi jamu brotowali untuk menghidaari masalah yang berlanjutdan menakibaatkan penyakit yang lebih serius. Jamu brotowali bisa di komsumsi dengan jangka panjang.

5.Mengobati luka.
Kandungan Alkaloid barberin dan columbina yang terdapat pada brotowali  sangatlah baik untuk mengobati luka di kulit dikareanakan lecet.Proses penyembuhanya denagan cara membunuh bakteri pada luka dan mempercepat pengerikan di permukaan yamg luka.

6.Mengobati gatal gatal.
Gatal kulit sangatlah mengangu pada saat beraktifitas (saat berkerja) karean memiliki sensasi yang ditimbulkan membuat kita ingin selalu mengaruknya.Faktor penyebabnya adalah keringat yang berlebihan dan tercampur dengan bakteri yanng mengakibatkan gatal di kulit. Cara mengatasinya daun brotowali direbus dengan belerang lalu di masak sampai memdidih untuk buat mandi air hangat yang tercampur dengan brotowali atau bisa juga di jadikan jamu teradisional. 

7. Mengobaati malaria.
Jamu brotowali sangat berguna untuk mengobati malaria. Penyakit ini termasuk penyakit yang sangat berbahaya bila tidak cepat di obati akan mengakibatjkan fatal dan berujung pada kematian.  Sebagai obat alternatif yang mudah di  buat di rumah, tidak ada salahnya mengkomsumsi jamu brotowali sebgai pengobatan malaria. 

8. Anti tumor.
Jamu brotowali memiliki sifat sitotosik yang berguna untuk pencegahan tumor, dikarenakan ekstrak brotowali bisa mengatasi anti tumor dan ekstrak brotowali bisa juga mengobati kanker hati.

9. Merangsang kerja urat saraf.
Bila kita mengkomsumsi jamu brotowali secara teratur akan merangsang kerja urat saraf pada saluran pernafasan di karenakan kandungan zat pikroretin yang terdapat pada brotowali memberi manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

10. mengobati diare.
Jamu brotowali yang memiliki rasa pahit, sangatlah baik untuk menobati diare. di percaya jamu brotowali memiliki efek menghentikan dan membatu meredakan ganguan diare. brotowali menobati dengan cara membunuh bakteri  yang penyebab diare.

Demikian artikel singkat tentang 10 manfaat jamu brotowali untuk kesehatan semoga berguna dan menambah wawasan tentang jamu herbal.

Contact Form

Name

Email *

Message *