6. Manfaat jamu buah pinang

Manfaat jamu buah pinang memiliki manfaat baik untuk kesehatan yang termasuk jamu tradisiaonal asli dari indonesia. Sebelumnya, mari kita mengenal dulu apa itu pinang,  pohon pinang memiliki bentuk yang sama dengan pohon kelapa, namun bila kiat perhatikan secara seksama terlihat sangat berbeda, pohon pinang mempunyai batang yamg tinggi dan memiliki batang yang langsing ,denagn batang tinnggi dan lurus bisa mencapai sampai kurang lebih 20 meter.Selain itu pohon ini juga memiliki buah, buahnya memiliki ukuran kecil denga bentuk bulat melonjong dengan ukuran lebih kecil dari buah kelapa. Pohon ini dapat kita jumpaai di daerah teropis atau di daerah perdesaan.Pohon pinang sering di gunaka untuk acara perlomaan di bulan agustus untuk perlomaan panjat pinang.

Namun tumbuhan ini memiliki buah yang banyak manfaatnya untuk mengobati berbagi jenis penyakit, di karenaka memiliki kandunga yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.Buah pinang memiliki kandunga di antaranya adalah;  arecolidine, arecaidine, guvacoline, guracine, dan banyak lagi kandunagn senyawa lainnya,selain itu biji tanaman ini manfaat juga seperti kandungan alkaloida , arekaina, arekolina yang sifatnya adiktif yang dapat merangsnag otak, di kalanga masyarakat tradisional, buah pinag biasanya di jadikan salah satu campuran untuk makan sirih, ada juga di manfaatkan sebagai obat penyakit disentri, kudisan dan disentri berdarah.selain itu bisa mengobati penyakit cacingan ,terutama untuk obat cacing pita. Selain itu buah pinang itu sendiri sudah terkenal sejak dulu kala oleh nenek moyang kita sebagai obat tredisional, berikut manfaat buah pinang untuk kesehatan.


1.Menguatka gusi dan gigi
Buah pinang bisa di manfaatkan sebagai obat tredisianal untuk menguat gigi dan gusi dengan cara, Buah pinang di belah kemudian buah pinang di ambil biji untuk menyirih.

 2.Mengobati mulut kering
 Dulu kala banyak orang yang menyirih biasanya mulutnya tidak kering, di sebabkan oleh kinerja  buah pinang yang membuat kelenjar ludah menjadi keluar terus menerus. Ludah inilah akan mencegah orang tersebut terhindar dari mulut kering dan terhindar dari penyakit disenti.

3.Untuk kulit 
Buah pinang bisa mengobati kulit yang luka dengan cara. Cari daging buah pinag yang muda kemudian di tumbuk yang halus, tempelkan hasil tumbukan ini ke pada kulit yang terluka dan lakukan secara teratur,  luka tersebut  akan cepat sembuh.

4. Untuk rabun mata
Buah pinang bisa juag mengobati rabun mata dengan cara. Buah pinang di tumbuk dan di tambahkan iar sedikit, lalu di peras air tumukam bauh pinang dan meminimnya , akan mengatasi rabun mata .

5. Mengobati cacingan
Bila anak terkenak cacinga anda tidak perlu bingung, bauh pinang yaang muda bisa mengobati cacingan denan cara. Ambil buah pinag yaang muda dan di rebus sampai mendidih kemudian  di dinginkan terlabih dahulu lalu di minim secara teratur.

6. 0bat diare.
Buah pinang yang muda bisa mengobati diare dengan cara rebus buah pinag yang muda lalu di endapkan beberapa menit lalu di komsumsi secara teratu, akan menatasi diare.

Inilah manfaat buah pinang yang berguna untuk kesehatan, semoga berguna dan menambah pengetahuan kita tentang obat herbal.






Contact Form

Name

Email *

Message *