10. Manfaat Jamu Lempuyang Untuk Kesehatan

Manfaat jamu lempuyang sudah lama di kenal di masyarakat khususnya di indonesia. Tanaman lempuyang merupakan jenis tumbuhan rempah rempah  yang di manafaat sebagai obat tradisional untuk berbagai  masalah penyakit.Tanamn ini memiliki nama ilmiah Zingiber Zerumbet serta dikenal dengan nama lain di setiap daerah daerah itu sendiri.Tanamn lempuyang ini termasuk golongan obat herbal dan tanaman ini tumbuh memiliki khasiat yang luar biasa dikarenakan kandungan tumbuhan lempuyang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.Tanaman lempuyang yang di maanfaat sebagai jamu adalah rimpang sebagai sarana pengobatan alami sabagian masyarakat didaearah daerah indonesia.Habitat tanman lepuyang berkemmbang di daerah teropis, tanaman lempuyang dapat di tanam di pekarangan atau di perkebunan bahkan bisa tumbuh di hutan sekalipun.


Kandungan pada tumbuhan lepuyang

Lempuyang ini memiliki manfaat dikarenakan beberapa kandungan didalamnya sangat baik bila dijadikan sebagai obat herbal. Bahkan pada umumnya tanaman lempuyang sering di jadikan jamu tradisional karena kandunganya memiliki zat anti kejang dan dapat meredakan sakit demam yang tinggi. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih dalam kandungan tanaman lempuyang.
  •  Jumlah kandungan minyak astsiri pada lempuyang berkisar 0,62%
  • Jumlah kandungan kadar air pada lempuyang berkisar 9,39%
  • Jumlah kandungan kadar patipada empuyang berkisar 52,14%
  • Jumlah kandungan kadar serat pada lempuyang berkisar 10,76%
Selain kandunga yang ada diatas, terdapat penjabarna mengenai beberapa zat atau komposisi yang terkandung pada minyak atsirin yang terdiri dari:
A-kurkumen, Bisabolen, Zingiberen, Kariofilen, Seskuifelandren, Zerumbon, Limonen, Saponin, Flavonoid kamfer, Zat pedas gingerol, sogaol, Zingeron, Paradol, Heksahidrokurkumin, Dihidrogingerol.  Kalau di lihat kandungan diatas maka,  tanaman lempuyang sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh kita. Inilah manfaat tanaman lempuyang untuk pengobatan.

10. Manfaat Jamu Lempuyang Untuk Kesehatan

1. Meredakan Sakit Demam.
Jamu lempuyang sangat baik untuk meredakan demam pada anak, dikarenakan kandungan pada lempuyang mampu mengatsi sakit demamatau menurunkan panas tinggi, kalau tidak ditangani secara cepat akan mengakibatkan sianak akan menyebabkan kejang. Alangkah baiknya untuk mengatasi sakit demam atau panas tinggi, kita melakukan pengobatan dengan memanfaatkan jamu lempuyang sebagai obat herbal.

2. Menambah Nasfu Makan.
Kandungan lempuyang yang hampir sama dengan temulawak, diman dengan mengkonsumsinya yang dapat meningkatkan selara makan. Bila mana kita mengkonsumsi jamu lempuyang secara teratur dan tidak berlebihan sangat baik untukmenambah nasfu makan sianak.

3. Mengobati Diare atau Disentri.
Jamu lempuyang sangat cocok untuk mengatsi diare pada anak atau orang dewasa. dikarenakan kandungan rimpang lempuyang yang sangat efektif untuk mengatsi diare.

4. Mengobati Batuk Rejan.
Untuk mengatsi batuk rejan, anda dapat menafaatkan lempuyang dengan cara di lempuyang dan bawang merah yang sudah dibakar atau di panggan dan ditambahkan dengan kayu manis lalu di tumbuk sampai mengeluarkan cairan dan nantinya akan diminum secara teratur.

5. Mengatasi Remati.
Sakit remati yang terdapat pada didaerah persendihan dan sangat menganggu aktifitas dikarenakan ngilu pada tulang kaki, anada bisa melakukan pengobatan dengan cara lempuyang dengan cabe jawa yang telah dilumatkan lalu ditambah dengan nasi kering. beberapa komposisi ini di campur dengan rata lalu ditempel pada kaki atau bagian tubuh yang merasa sakit.

6.Mengatsi gejala Darah Rendah.
Jamu lempuyang mampu mengatasi masalah darah rendah dengan cara parut rimpang lempuyang dan di campur gula dengan air kemudian di rebus sampai mendidik diminum 3x sebanyak satu sendok makan dalam satu hari, karena kandungan tanaman lempuyang menambah jumlah trombosit dalam darah.

7. Mengobati TBC.
Rimpang lempuyang bisa mengobati TBC dengan cara, ambil satu gengam rimpang lempuyang yang sudah di cuci bersih, kemudian di masak dengan air sampai mendidih. Setelah itu diminum dengan takaran tiga gelas dalam satu hari.

8. Mengobati Maaria. 
Bila tubuh mengalami gejala terjangkit penyakit malaria maka tidak ada salahnya melakukan pengobatan denagan rimpang lempuyang dengan cara, ambila satu ruas lempuyang yang sudah di haluskan lalu di tambahkan perasan air nanas denagn ditambah garam seukupnya. Minum dengan takaran setengah gelas daam satu hari untuk menambah daya tahan tubuh.

9. Mengatasi Masuk Angin.
Jamu lempuyang dapat mengatsi masuk angin, bila tubuh terasa melemah dikarenak masuk angin anda dapat mengkonsumsi jamu kempuyang untuk menjaga daya tahan tubuh.

10. Mengobati Gejala Ambien.
Jamu lempuyang dapat juga mengobati masalah penyakit ambien. karena ambien sangat mengangu kesehatan yang berbahaya, jika tidak ditangan secepatnya. Untuk mengobati anda dapat mengonsumsi jamu lempuyang sebagai obat herbal.


Demikian 10Manfaat Jamu lempuyang Untuk kesehatan semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan dan menambah pengetahuan obat herbal. Jangang lupa Share yaaa!!! Terima kasih.

Contact Form

Name

Email *

Message *