10 khasiat Kumis kucing untuk kesehatan

khasiat kumis kucing sudah dikenal turun temurun sampai sekarang,di kalangam masarakat kumis kucing masih di pakai sebagai obat herbal  di karenakn banyak manfaat dankhasiat, kumis kucing mudah di tanam di daereah teropi seperti di indonesia. Kumis kucing banyak di pakai sebagai obat herbal karena mudah di olah sebagi obat karena manfaat dan khasiatnyaKumis kucing atau dengan nama latin Orthosiphon aristatus adalah tanaman yang termasuk golongan famili lamicaeae/labiatae yang banyak kita jumpai di halaman rumah dan tumbuh subur di daerah teropis seperti di indonesia. tanaman ini Orthosiphon aristatus yang berasal dari Afika  dan menyebar di asian. Kumis kucing memiliki ciri ciri berbatang tegak dan basah,bagian bawah berakar tunggal,  memiliki daun bundar lonjong,bertangkai bulat berwarna ungu kehijauan, posisi daun pada batangberselang seling, mahkota bunga berwarana putih atau putih keunguan, benag sari mencuat keluar mirip dengan kucing.

Tanaman kumis kucing memiliki kandungan zat kimia seperi minyak atsisi,saponin, sapofonin, sinensetin, mioinositol, zat samak dan kalium yang sudah di percaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit
Kumis kucing mampu mengatasi berbagai  macam penyakit seperti;

1. Obat rematik

Rematik adalah penyakit yang menyerang persendia, otot urat.  kumis kucing bisa mengobati rematik,biasanay untuk mengurang rasa nyeri, menghilangkan peradangan,serta memelihara funngsi persendihan agar tetep dakam keadan baik.

2.   Melancarkan pengeluaran air kemih
Kumis kucing memiliki manfaat yang sangat ampuh salah satunya ialah dapat memperlancar air kemih.bila seseorang mengalami susah dalam peroses keluarnya air kemih, itu berarti salutan kencingnya sedang mengalami infeksi. Infeksi ini bisa terjadi di saluran ginjal dan kandung kemih di sebabkan karena ada baakteri yang di namakan escherishia coli yang bisanya hidup pada kotoran dan usus manusia.

3. Obat batuk.

Kumis kucing bisa mengobati batuk,penyebab batuk biasanya di karenakan adanya debu atau asap,kuman dan alergi yang merangsang selaput lendir.Kumis kucing bisa meredakan batuk bila kita mengkomsumsi ramuan tradisional seperti kumis kucing.

4. Obat masuk angin.

Kumis kucing bisa mengobati masuk angin dikarnakaan adanya perkumpulan gaas yangtidak teraatu atau kelebihaan gas paadaa tubuh kita.Penyebabnya bisa jadi kelelahan telambaat makan, kedinginan, kurang tidur.

5 Mengobati kencing batu.

Kencing batu ataau kata lain batu ginjal adalah penyakit saluran kemih yang biasanya berupa infeksi,alam
obstruksi, rasa sakit, dan metaplasia.Batu ginjal sendiri merupakan massa yang keras seperti batu yang terdapat pada kantung kemih.Bila ini terjadi maka akan timbul nyeri, pendarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi.

6. Mengobati diabetes

Kumari  kucing bisa juga mengobati diabetes, penyakit ini yang satu ini di karenakan terlalu banyak asupan gula dari pola makan yang tidak sehat dan terlalu rendah produksi hormon insulin. Namu kumis kucing bisa menurunkan gula darah dalam tubuh, kita hanya mengkomsumsi kumis kucing dengan cara merebus air daun kumis kucing secara teratur.

7. Memperlancar buang air kecil

Kumis kucing bisa menjadi inpirasi sebagai obat herbal untuk penyembuhan penyakit pada ginjal anda,baik karena infeksi atau karena batu ginjal.bila kita mengkomsumsi kumis kuncing akaan melancarkan buang air  kecil.

8 Mengobati hipertensi.

Hipertensi adalah kondisiyang bisa terjadi pada masyarakat di mana darah didalam tubuh kita sangat kuat menekan arteri. Semakin banyak darah yang di pompake jantung dan arterimenyempit, dan tekanan darah akan meningkat, Namun, bila menkomsumsi kumis kucing dengan teratur akan mestabilkan tekanan darah tinggi (hipertensi).

9. Mengatasi sembelit.

Kumis kucing bisa mengatasi sembelit, karena sembelit adalah salah satu ganguan pencernaan,  mana terjadi pengerasan tinja yang mengakibatkan sulit buang air besar. Penyebabnay dikarnakan kurang komsumsi makan berserat dan kebiasaan buaang air besar yaang tidak teratur. Bila kita menkomsumsi air kumis kucing akan memperlancar buang air besar.

10. Obat sakit pinggang.

Keluhan sakit pinggang yang terjadi di masyarakat pada umumnya akan menggu saat menjalankan aktivitas seperti memikul beban, atau saat  terjadi  keslahan posisi pada saat mengangkat beban.Namun, halini bisa mengatsi dengan mengkomsumsi kumis kucing dengan teratur.

Demikian pembahasan tentang kumis kucing, semoga menambah pengetahuan tentang obat herbal yang bermanfaat.




Contact Form

Name

Email *

Message *